Rabu, 24 Oktober 2012

Siapkah anda untuk tetap perawan?


Keperawanan selalu saja menjadi satu hal yang selalu dibicarakan setiap orang di sekolah, tentang siapa yang masih perawan, siapa yang tidak, dan siapa yang bisa jadi masih. Untuk pria dan wanita, hal itu terkadang bisa menjadi sangat intens.

Tetapi memutuskan apakah benar bagi Anda untuk melakukan Hubungan seks adalah salah satu keputusan yang paling penting yang akan Anda buat. Setiap orang harus menggunakan pendapatnya sendiri dan memutuskan bahwa itu adalah saat yang tepat – dan dengan orang yang tepat.
Ini berarti mempertimbangkan beberapa faktor yang sangat penting
– secara fisik, seperti kemungkinan menjadi hamil atau mendapatkan penyakit seksual
– dan juga faktor emosional. Walaupun tubuh seseorang bisa menjadi siap untuk seks, seks juga mempunyai konsekuensi emosional yang serius.

Untuk banyak remaja, faktor moral adalah yang terpenting. Sikap keluarga, nilai pribadi, atau kepercayaan agama tertentu menyediakan mereka dengan suara batin yang menuntun mereka dalam melawan tekanan untuk berhubungan seks sebelum waktunya.

Tekanan masalah dan pengaruh film
Tak seorang pun ingin merasa ditinggalkan, hal itu alami, seperti ingin disukai dan merasa seolah-olah Anda adalah bagian dari sekelompok teman. Sayangnya, beberapa remaja merasa bahwa mereka harus kehilangan keperawanan mereka untuk bersaing dengan teman-teman mereka atau diterima.
Itu tidak serumit yang Anda kira, mungkin sebagian teman sudah pernah berhubungan seks dengan pacar atau pacar mereka dan bertindak seperti itu bukan masalah besar. Tapi seks bukan sesuatu yang hanya fisik, melainkan emosional juga. Dan karena emosi setiap orang berbeda, sulit mengandalkan pendapat teman-teman Anda untuk memutuskan apakah itu waktu yang tepat bagi Anda untuk berhubungan seks.

Diri Anda adalah yang paling penting, dan nilai-nilai Anda mungkin tidak cocok dengan teman Anda. Tidak apa-apa, itu yang membuat orang unik. Berhubungan seks untuk mengesankan seseorang atau untuk membuat teman Anda bahagia atau merasa seperti Anda memiliki sesuatu yang sama dengan mereka tidak akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dalam jangka panjang. Teman sejati tidak terlalu peduli apakah seseorang masih perawan, mereka akan menghormati keputusan Anda, tidak peduli apapun itu.

Bahkan jika teman Anda merasa keputusan Anda baik, mungkin akan mudah untuk disesatkan oleh acara TV dan film dengan berpikir bahwa setiap remaja di Amerika berhubungan seks. Penulis dan produser dapat membuat plot pertunjukan atau film menarik dengan menunjukkan remaja aktif secara seksual, tapi remaja ini adalah aktor, bukan orang nyata dengan realita.

Mereka tidak perlu khawatir tentang menjadi siap untuk seks, apa yang akan mereka rasakan di kemudian hari, atau apa yang mungkin terjadi sebagai akibatnya. Dengan kata lain, plot TV dan film adalah cerita, bukan kehidupan nyata. Dalam kehidupan nyata, setiap remaja bisa, dan harus, membuat keputusan sendiri.

Pacar yang mengeluh dan terlalu memaksa
Meskipun beberapa remaja yang akan keluar tidak menekan satu sama lain tentang seks, kebenaran adalah bahwa dalam banyak hubungan, satu orang ingin melakukan hubungan seks meskipun yang lainnya tidak.

Mungkin satu orang dalam suatu hubungan lebih penasaran dan memiliki perasaan seksual yang lebih kuat dari yang lain. Atau orang lain memiliki alasan agama mengapa dia tidak ingin berhubungan seks dan orang lain tidak percaya akan hal itu.

Apapun situasinya, hal itu dapat menyebabkan stres dan ketegangan pada hubungan, Anda ingin membuat pacar Anda senang, tetapi Anda tidak mau kompromi tentang apa yang Anda anggap benar.

Seperti hampir setiap keputusan penting lain dalam hidup, Anda perlu melakukan apa yang benar untuk Anda dan bukan orang lain. Jika Anda berpikir seks adalah ide yang baik karena pacar atau pacar ingin memulai hubungan seksual, pikirkan lagi. Siapa pun yang mencoba menekan Anda untuk melakukan hubungan seks dengan mengatakan, "Jika kau benar-benar peduli, kau tidak akan mengatakan tidak," atau "Jika kau mencintaiku, kau akan menunjukkannya dengan seks" bukanlah hal yang paling penting bagi Anda. Mereka mencari sarana untuk memuaskan perasaan mereka sendiri dan mendesak tentang seks kepada Anda.

Jika seseorang mengatakan bahwa tidak melakukan hubungan seks setelah melakukan jenis permainan yang lain akan menyebabkan dia sakit, itu juga merupakan tanda bahwa seseorang yang hanya memikirkan dirinya sendiri. Jika Anda merasa bahwa Anda harus berhubungan seks karena Anda takut kehilangan orang itu, mungkin itu saat yang tepat untuk mengakhiri hubungan.

Seks harus menjadi ungkapan cinta - bukan sesuatu yang hanya dirasakan saja. Jika pacar Anda benar-benar mencintai Anda, dia tidak akan mendorong atau menekan Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda percaya atau tidak siap Anda lakukan.

Merasa penasaran
Tahukan Anda bahwa sangat banyak Gadis yang kehilangan Keperawanannya "Hanya" karena Rasa Ingin Tahu.
Anda mungkin memiliki banyak perasaan dan pikiran tentang seks. Perasaan dan pikiran yang benar-benar normal - itu berarti bahwa semua hormon Anda bekerja dengan benar. Tapi terkadang rasa ingin tahu Anda atau perasaan seksual dapat membuat Anda merasa seperti itu waktu yang tepat untuk berhubungan seks, meskipun mungkin tidak.

Meskipun tubuh Anda mungkin memiliki kemampuan untuk melakukan hubungan seks dan Anda mungkin benar-benar ingin memuaskan rasa ingin tahu Anda, bukan berarti pikiran Anda sudah siap. Meskipun beberapa remaja memahami bagaimana seks bisa mempengaruhi mereka secara emosional, banyak yang tidak, dan ini dapat menyebabkan kebingungan dan sangat menyakiti perasaan nantinya.

Tetapi pada saat yang sama, jangan menyalahkan diri sendiri atau terlalu keras pada diri sendiri jika Anda berhubungan seks dan kemudian berharap Anda tidak akan melakukannya suatu hari. Memiliki perasaan seksual adalah normal dan menangani mereka kadang-kadang dapat terlihat sulit, bahkan jika Anda berencana sebaliknya.

Hanya karena Anda berhubungan seks sekali tidak berarti Anda harus terus atau mengatakan ya nantinya, tidak peduli apa yang dikatakan seseorang pada anda, keputusan selalu berada ditangan Anda. Membuat kesalahan adalah bagian dari Kehidupan, namun Anda bisa belajar dari sana untuk tidak melakukan kesalahan terus menerus.

Mengapa beberapa remaja menunggu
Beberapa remaja menunggu lebih lama untuk melakukan hubungan seks, mereka berpikir lebih hati-hati tentang apa artinya kehilangan keperawanan.

Untuk remaja, ada banyak alasan untuk pantang (tidak berhubungan seks). Beberapa tidak ingin khawatir tentang kehamilan yang tidak direncanakan dan semua konsekuensinya. Orang lain melihat pantang sebagai cara untuk melindungi diri sepenuhnya dari penyakit seksual. Beberapa penyakit seksual (seperti AIDS) secara harfiah dapat membuat situasi hidup atau mati dalam seks, dan banyak remaja menganggap ini sangat serius.

Beberapa remaja tidak melakukan hubungan seks karena agama mereka melarang atau karena mereka memiliki sistem keyakinan yang sangat kuat dari mereka sendiri. Remaja lain mungkin mengakui bahwa mereka tidak siap secara emosional dan mereka ingin menunggu sampai mereka benar-benar yakin mereka bisa mengatasinya.

Ketika membahas seks, ada 3 hal yang sangat penting untuk diingat:
1. Bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab atas kebahagiaan dan tubuh Anda sendiri, dan
2. Anda memiliki banyak waktu untuk menunggu sampai Anda benar-benar yakin tentang hal itu.
3. Tidak pernah ada penyesalan bila nantinya Anda dapat mempersembahkan Keperawanan Anda kepada Pasangan Anda di "Malam Pertama"

Jika Anda memutuskan untuk menunda berhubungan seks, itu langkag yang Benar, tidak perlu peduli apa kata orang. Menjadi perawan adalah salah satu bukti bahwa Anda bertanggung jawab, dan itu menunjukkan bahwa Anda cukup kuat untuk membuat keputusan sendiri tentang pikiran dan tubuh Anda.

Jika Anda merasa bingung tentang keputusan yang berkaitan dengan seks, Anda mungkin bisa berbicara dengan seorang dewasa (seperti orangtua, dokter, kakak, bibi, atau paman) untuk meminta nasihat. Perlu diingat, walaubagaimanapun, pendapat semua orang tentang seks berbeda-beda. Meskipun orang lain mungkin memiliki saran yang berguna untuk dibagikan, pada akhirnya, keputusan tetap di tangan Anda.

Minggu, 21 Oktober 2012

Pasangan Menjauh? Atasi dengan trik ini.

Hubungan percintaan tidak selamanya menyenangkan dan membuat Anda berbunga-bunga, ada kalanya hubungan diterpa aral rintangan. Terkadang pasangan terlihat menjauh, namun hal itu tidak perlu khawatir secara berlebihan atau takut Ia tidak mencintai Anda lagi. Mungkin pasangan butuh waktu sendiri atau berkumpul bersama teman-temannya.

Dikarenakan rasa khawatir itu, terkadang para Pria memberondongi Wanita dengan beribu sms dan juga telepon. Stop! Hal itu hanya akan membuatnya lebih menjauh, sebaiknya Anda bersabar dan memberikannya ruang dan waktu untuk dirinya.

Untuk sementara waktu, biarkanlah Ia sendiri dan jangan mengusiknya. Mungkin Anda penasaran apa penyebabnya, namun tahan rasa penasaran itu. Jika memang ada beberapa masalah yang sedang mengganggunya, berilah Ia waktu untuk berfikir dan siap membicarakannya dengan Anda. Akan tetapi jika sudah seminggu lebih berjalan seperti itu, Anda boleh menanyakan apa yang sebenarnya terjadi dengan baik-baik.

Akan muncul banyak pemikiran negatif ketika pasangan menjauh dan sangat mungkin Anda merasa bersalah karenanya. Kuatkan diri, karena belum tentu permasalahannya datang dari diri Anda. Jalani saja kegiatan seperti biasanya, anggap tidak ada sesuatu yang terjadi.

Jika Anda merasa situasi ini sudah melewati batas waktu, mungkin sudah saatnya Anda mengajak pasangan untuk membicarakan permasalahannya, mengenai apa yang sebenarnya terjadi, kenapa bisa terjadi dan cara mengatasinya. Menjadi pendengar yang baik memang bagus, namun alangkah baiknya jika Anda embantunya memberikan ssaran atau solusi.

Saat Ia sudah mau membicarakan dan membeberkan semua masalahnya, jangan Anda membuatnya tambah sedih atau bingung. Namun berikan Ia dorongan-dorongan yang menjadi penyemangatnya menghadapi permasalahan. Yakinkan bahwa Ia adalah orang yang tegar dan kuat yang mampu melewati berbagai rintangan. Dengan begitu Ia akan merasa hebat dan pintar, sehingga dengan mudah melewati masalahnya.

Jika Ia telah berhasil melewati masalahnya, tidak ada salahnya Anda memberikan hadiah atau kejutan sebagai apresiasi usahanya. Anda bisa mengajaknya makan malam, pikni kecil di taman kota atau pergi ke tempat hiburan berdua. Ia pun akan menyadari betapa berharga, perhatian, dan sayangnya Anda pada dirinya.

6 Sikap yang dia inginkan dari anda

Dalam menjalani hidup, sikap Kita terhadap seseorang sangat menentukan apa yang akan Orang lain perbuat terhadap Kita. Namun tahukan Anda bila ada beberapa sikap yang sangat diharapkan Pasangan dari Kita, mari Kita bahas detailnya,

1. Buatlah dia tertawa
Dia mungkin tidak mengharapkan Anda untuk menjadi selucu para komedian, tetapi Wanita menyukai Pria yang bisa membawa senyum di wajah mereka. Dalam survei yang dilakukan oleh Men’s Health terhadap lebih dari 1000 Wanita di Amerika yang berumur 21 sampai 54 tahun, sebanyak 77% mengatakan bahwa pria yang humoris menjadi kriteria pertama dari pasangan yang mereka inginkan, diluar kecerdasan, semangat, rasa percaya diri, dan keramahtamahan.

2. Belajar memasak
Baik Wanita maupun Pria menyukai pasangan yang bisa memasak. Jika Anda bisa menyiapkan makan malam yang romantis di dalam rumah Anda, ada kemungkinan bagi Anda berdua untuk menghabiskan malam Anda di atas ranjang. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Men’s Health terhadap 1000 Wanita Amerika, 66% nya mengaku bahwa mereka lebih senang berhubungan Seks dengan seorang Pria setelah makan malam di rumah. Apa lagi yang Anda tunggu?

3. Jadilah Pria yang Bersih dan Rapi
Anda harus lebih memperhatikan kaos kaki Anda yang kotor sehabis gym dan sarung tinju yang berantakan di atas lantai. Wanita sangat memperhatikan hal-hal seperti itu. Bukan hanya rumah yang berantakan yang akan membuat image Anda buruk di hadapannya, tapi itu juga menghilangkan moodnya untuk dekat dengan Anda. faktanya, 2/3 orang Amerika percaya bahwa mempunyai rumah yang bersih adalah salah satu faktor terpenting untuk pengaturan moodnya, menurut National Sleep Foundation dan WB&A Market Research yang melakukan survei terhadap 1500 orang yang berusia antara 25 sampai 55 tahun.

4. Perhatikan foto Anda
Wanita berpikir bahwa bayangan Anda kearah jam 5 itu seksi, menurut sebuah studi di Northumbria University. Peneliti menunjukkan 15 foto dari wajah Pria yang menampilkan derajat kerapian rambut yang berbeda kepada Wanita – dan kemudian meminta mereka untuk mengurutkan setiap foto baik dari segi maskulinitas, agresifitas, dan kedewasaan. Pemenangnya : Pria yang berfoto dengan hanya sedikit cahaya tampak lebih menarik.

5. Tunjukkan padanya sisi “liar” Anda
Banyak Wanita menganggap Seks yang dominan atau kasar bisa menjadi pembuka yang hebat, kata Ava Cadell, Ph.D., seksolog yang berbasis di LA dan pendiri Loveology University. Tapi jangan keluar dan mengambil cambuk dan rantai. (Yah, setidaknya belum.) Sebaliknya, tampilkan beberapa gairah dan semangat Anda - seperti memukulnya dengan ringan atau menggigitnya – itu bisa menjadi sangat seksi, Cadell mengatakan.

6. Pikat dia
Menurut sebuah studi dari University of Liverpool, ketika Wanita melihat seorang Pria yang emmakai parfum, mereka langsung menganggap bahwa Pria itu lebih menarik. Dan apa lagi, penelitian yang sama juga menemukan bahwa Pria yang menggunakan cologne lebih percaya diri dibandingkan mereka yang tidak.

Bagaimana siih cara memberi perhatian pada pasangan??

Suatu hari di dalam benak anda pasti terlintas pertanyaan ‘bagaimana cara memberikan perhatian pada pasangan saya?’. Pertanyaan tersebut sangat wajar dan umum saat anda tengah menjalin atau membina relationship dengan pasangan. Manusia memang makhluk yang selalu menginginkan dirinya diperhatikan oleh orang lain, terutama oleh orang-orang yang mereka cintai dan kasihi seperti layaknya kekasih atau pasangan hidup.

Tentunya sebagai manusia, anda tidak hanya menginginkan perhatian dari pasangan anda, tetapi juga sudah selayaknya anda balas memberikan perhatian kepada orang yang anda anggap sebagai orang yang berharga dan berarti dalam hidup anda tersebut.

Kalau begitu bagaimana sih sebenarnya cara memberikan perhatian pada pasangan ini?

Komunikasi Yang Intensif merupakan cara pertama dalam memberikan perhatian pada pasangan anda. Jagalah komunikasi dengan pasangan sebisa mungkin. Jika biasanya pasangan anda yang menanyakan kabar anda duluan, tidak ada salahnya kali ini anda yang menanyakan terlebih dahulu kabar pasangan anda tersebut melaui sms-sms segar. Sehingga komunikasi yang ada akan mengalir lebih lancar, bervariatif, serta tidak monoton dan membosankan. Lakukan komunikasi lewat telepon pada malam hari dengan menanyai kabarnya setelah seharian bekerja meskipun hanya sebentar. Namun ingat, komunikasi yang ada jangan sampai terlalu berlebihan, jangan memaksakan diri jika pasangan anda tidak memungkinkan untuk ditelepon.

Beri perhatian lebih dari orang lain. Hal ini tentu penting untuk dilakukan. Beri porsi yang berbeda dan luangkan waktu anda lebih banyak untuk pasangan anda dibandingan dengan teman-teman anda. Datanglah ke event-event bersama pasangan anda dan jangan lupa untuk selalu mengingat hari ulangtahunnya.

Pendengar aktif. Dengarkan dengan baik cerita yang teruntai dari mulut pasangan anda. Bahkan saat pasangan anda sedang membicarakan masalah yang dia hadapi, tetaplah menjadi pendengar yang baik. Jangan lupa untuk memberikan beberapa solusi atau saran pada pasangan sehingga pasangan tidak merasa sendirian saat menghadapi masalah.

Nada suara yang lembut. Tentunya hal ini sangat berpengaruh agar pasangan anda dapat merasakan perhatian yang anda beri. Berikanlah nada bicara yang lembut, hangat, serta antusias saat berbicara dengan pasangan anda. Jangan beri nada seperti menyentak atau terlalu keras.

Beri kata-kata cinta yang romantis dan tulus. Siapa yang tidak senang saat diberi ungkapan cinta oleh pasangannya sendiri? Variatifkan pernyataan kata-kata cinta supaya tidak terkesan monoton setiap harinya.

Gesture/body language. Saat berbicara dan bertatap muka dengan pasangan, berikan bahasa tubuh yang memberikan kesan nyaman saat berada di dekatnya. Jangan beri space terlalu jauh atau lebar seperti duduk berjauhan dengan pasangan anda.

Sentuhan. Hal ini merupakan faktor yang paling jitu dalam memberikan perhatian pada pasangan. Sentuhlah pasangan anda dengan penuh kasih sayang misalnya melaui pelukan atau dengan membelai rambutnya dan buatlah si dia merasa nyaman bersama anda.

Pemberian kejutan. Kejutan atau surpise memang ampuh sebagai cara jitu untuk memberikan perhatian pada pasangan. Berikan benda-benda yang kira-kira merupakan favorit pasangan anda. Bisa juga dengan mengirimkan makanan yang anda buat sendiri saat pasangan anda sedang bekerja di kantornya.

Percayalah, setelah menerapkan cara-cara memberikan perhatian pada pasangan dalam kehidupan anda, hubungan anda dan si dia akan menjadi semakin hangat dan terbina dengan baik.

Sabtu, 20 Oktober 2012

Hukum Perusahaan


HUKUM PERUSAHAAN

v  Menurut pemerintah Belanda:
 Yaitu sekelompok perbuatan-perbuatan yang dilakukan secara tidak terputus-putus dengan terang-terangan dalam kedudukan tertentu dan untuk mendapat laba.

v  Menurut Molen Graaff
 Adalah perbuatan-perbuatan yang dilakukan secara terus menerus bertindak keluar untuk memperoleh penghasilan dengan memperniagakan/memperoleh barang-barang atau dengan mengadakan perjanjian dagang.

 2. Pengertian Menjalankan Perusahaan

Ø  Menurut Menteri Kehakiman Belanda

 Dikatakan adanya perusahaan apabila pihak yang berkempentingan bertindak secara tidak terputus–putus dan terang-terangan, serta didalam kedudukan tertentu untuk memperoleh laba-rugi bagi dirinya sendiri.

Ø  Menurut Molen Graaff

 Suatu perusahaan harus mempunyai unsur-unsur:

 1. Terus-menerus atau tidak terputus-putus
 2. Secara terang-terangan (karena hubungannya dengan pihak ketiga)
 3. Dalam kualitas tertentu (karena dalam lapangan perniagaan)
 4. Menyerahkan barang-barang
 5. Mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan
 6. Harus bermaksud memperoleh laba.
 3. Pengertian Hukum Perusahaan

 Kompleks peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis, yantg bersifat memaksa, yang mengatur perbuatan-perbuatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kedudukan tertentu dilingkungan perniagaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

KEDUDUKAN HUKUM PERUSAHAAN DALAM SISTEM HUKUM DI INDONESIA

·         Jika dilihat dari subyeknya, maka Subyek Hukum :
 Pribadi kodrati
 Pribadi hukum

·         Jika dilihat dari obyeknya, maka:
 Dapat berupa benda baik berwujud atau
 immaterial

·         Jika dilihat dari hubungan hukumnya, maka
 Berasal dari perikatan karena perjanjian atau
 undang –undang
 Dari ketiga hal tersebut dapar disimpulkan bahwa letak atau kedudukan hukum perusahaan ada dihukum perdata, tepatnya diatur dalam hukum pribadi dan hukum harta kekayaan.




 Hukum Perusahaan dalam praktek diatur
 dalam :

ü  KUH Perdata
ü  KUH Dagang
ü  Peraturan lain diluar KUH Perdata dan KUHD mis:
ü  UU No. 1/1995 Tentang PT;
ü  UU Pasar Modal;
ü  Kebiasaan-kebiasaan yang berlaku
ü  HUBUNGAN HUKUM PERUSAHAAN DENGAN HUKUM DAGANG DAN HUKUM PERDATA
ü  Bila hukum perusahaan diartikan sebagai komlek hukum yang mengatur organisasi dan kegiatan perusahaan untuk mencari keuntungan, maka secara paradigma dapat digambarkan sbb:
-          Hubungan hukum perusahaan dengan hukum dagang adalah : Lex Specialis Derogat Lex Generalis
-          Hubungan hukum dagang terhadap hukum perdata adalah : Lex Specialis Derobat Lex Generalis
ü  Sebagai bahan bukti dapat dilihat

ü  Pasal 1 KUHD :
 Ketentuan-ketentuan KUH Perdata berlaku pula bagi KUHD, kecuali jika KUHD sendiri mengaturnya secara khusus.

ü  Pasal 1319 KUH Perdata
 Semua Perjanjian yang bernama atau tidak bernama tunduk pada titel 1 dan 2 Buku III KUH Perdata.
ü  SISTEMATIKA HUKUM PERDATA
ü  Buku I “ Perihal orang” memuat hukum tentang diri seseorang dan hukum kekeluargaan.

ü  Buku II “ Perihal Benda” memuat hukum kekayaan yang mengenai hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang berlaku terhadap orang-orang atau pihak-pihak yang tertentu.

ü  Buku III “ perihal Perikatan” memuat hukum kekayaan yang mengenai hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang berlaku terhadap orang-orang atau pihak pihak yang tertentu.

ü  Buku IV ‘Perihal Pembuktian dan lewat waktu (daluwarsa)” memuat perihal alat-alat pembuktian dan akibat-akibat lewat waktu terhadap hubungan-hubungan hukum untuk selanjutnya pembahasan menganai hukum perusahaan akan difokuskan pada pembahasan mengenai subyek hukum, obyek hukum, dan hubungan hukum.


 1. Subyek hukum perusahaan

ü  Pribadi kodrati (orang)
 Orang didalam hukum adalah pembawa hak dan kewajiban pembawa hak: berlakunya seseorang sebagai pembawa hak mulai dari saat ia dilahirkan dan berakhir pada saat ia meninggal. Bahkan bila perlu untuk kepentigannya, dapat dihitung surat hingga orang itu berada didalam kandungan asal saja kemudian ia dilahirkan hidup (Ps2 KUHPer).

ü  Pribadi hukum
 Pribadi hukum yang menjadi badan hukum karena diciptakan oleh UU.




2. Domisili Hukum
 Domisili :
a.       Setiap orang/kumpulan orang-orang menurut hukum harus
ü  mempunyai tempat tinggal yang dapat dicari dan mempunyai
ü  tempat kedudukan tertentu;

 b. tempat sesungguhnya dimana ia berada;
 Tujuan: untuk menentukan dimana seseorang atau kumpulan orang-orang dipanggil dan ditarik dimuka hakim.
 Macam:
ü  Domisili hukum, domisili yang ditentukan oleh seseorang / kumpulan orang;
ü  Domisili Penyelesaian Sengketa, domisili yang dipilih para pihak bila terjadi sengketa;
ü  Domisili Penghabisan atau rumah kematian: domisili dimana seseorang meninggal dunia, untuk menentukan hakim yang berwenang mengadili perkara warisan.

Bahan Kuliah Manajemen Pemasaran



Menurut Susanto dan Wijanarko (2004), dalam menghadapi persaingan yang ketat, merek yang kuat merupakan suatu pembeda yang jelas, bernilai, dan berkesinambungan, menjadi ujung tombak bagi daya saing perusahaan dan sangat membantu dalam strategi pemasaran (p. 2). Keller (1993) juga menyatakan bahwa brand equity adalah keinginan dari seseorang untuk melanjutkan menggunakan suatu brand atau tidak. Pengukuran dari brand equity sangatlah berhubungan kuat dengan kesetiaan dan bagian pengukuran dari pengguna baru menjadi pengguna yang setia (p. 43).
Beberapa pengertian brand equity adalah:
1. Susanto dan Wijanarko (2004), ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan (p. 127).
2. East (1997), “Brand equity or brand strength is the control on purchase exerted by a brand, and, by virtue of this, the brand as an asset that can be exploited to produce revenue” (p. 29).
Artinya ekuitas merek atau kekuatan merek adalah kontrol dari pembelian dengan menggunakan merek, dan, kebaikan dari merek, merek sebagai aset yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan.
3. Kotler dan Armstrong (2004), “Brand equity is the positive differential effect that knowing the brand name has on customer response to the product or service” (p. 292).
Artinya ekuitas merek adalah efek diferensiasi yang positif yang dapat diketahui dari respon konsumen terhadap barang atau jasa.
Jadi brand equity adalah kekuatan suatu brand yang dapat menambah atau mengurangi nilai dari brand itu sendiri yang dapat diketahui dari respon konsumen terhadap barang atau jasa yang dijual.


Pengertian Brand
Brand dapat disebut “pelabelan’. Brand dapat membantu penjualan. Brand berkaitan dengan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk atau layanan, yang diyakini tidak saja dapat memenuhi kebutuhan mereka, tetapi dengan memberikan kepuasan yang lebih baik dan terjamin. Istilah brand muncul ketika persaingan produk semakin tajam dan menyebabkan perlunya penguatan peran label untuk mengelompokkan produk dan layanan yang dimiliki dalam satu kesatuan guna membedakan produk itu dengan produk pesaing.
Salah satu upaya perusahaan untuk melakukan penetrasi pasar dan memperkuat produk dan layanan adalah melakukan branding. Istilah ini cukup popular di kalangan pemasaran karena memberikan efek besar terhadap peningkatan penjualan. Bahkan demi mempertahankan pangsa pasarnya beberapa perusahaan bahkan rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit hanya demi menanamkan brand yang kuat di mata masyarakat. Karena memiliki kaitan yang sangat erat dengan aspek finansial maka kemudian istilah merek ini disebut dengan brand equity yaitu Net Present Value (NPV) dari aliran kas masa datang yang dihasilkan oleh suatu merek. Dengan kata lain, brand equity dihitung berdasarkan nilai inkremental di atas nilai yang diperoleh produk atau layanan tanpa merek (unbranded product).
Dalam ilmu akuntansi keuangan merek merupakan aktiva tak berwujud, merek dibangun oleh banyak faktor dan dikomunikasikan melalui iklan dan promosi. Shimp (1997) dalam bukunya Advertising, Promotion, and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications mengatakan bahwa komunikasi pemasaran (iklan dan promosi) merupakan faktor yang sangat penting untuk membangun merek yang positif. Biaya iklan dan promosi adalah proxy dari merek tersebut. Itulah yang menyebabkan perusahaan rela mengeluarkan anggaran untuk iklan dan promosi yang jumlahnya sangat besar hanya untuk mempertahankan merek yang positif.
Ekuitas merek ini didapat dari posisi pasar strategik merek bersangkutan dan consumer trust terhadap merek tersebut. Trust ini yang kemudian menciptakan jalinan relasi antara merek dan pelanggan sedemikian rupa sehingga dapat mengurangi risiko pembelian dan mendorong terciptanya preferensi merek, loyalitas merek, dan kesediaan untuk mempertimbangkan produk baru yang ditawarkan perusahaan dengan nama merek yang sama di kemudian hari.
Pada suatu kesempatan sharing session dengan Vice President Telkomsel Area 2 Jabotabek Jabar – Bpk. Irwin Sakti – Beliau mengatakan bahwa Brand memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis telekomunikasi nirkabel ini. Ada banyak warna (brand) yang ditawarkan oleh para pemain dalam bisnis ini, ada merah, kuning, biru, hitam, dan warna warni pendatang baru. Tanpa pengaruh brand yang kuat maka pelanggan yang hendak menggunakan layanan Telkomsel akan mudah terpengaruh oleh brand dari pemain lain. Maka dari itu disinilah peran para pemasar untuk menjaga agar warna merah tetap menjadi warna pertama yang dipikirkan pelanggan. Pernyatan beliau ini merupakan penegasan nyata bahwa dengan brand yang mengakar kuat maka bisnis ini bisa tumbuh besar sampai saat ini.

Brand Campaign
Branding adalah istilah lain dari kegiatan manajemen kampanye produk dan layanan. Kesuksesan yang diraih oleh kampanye ini didasarkan pada kemampuan tim pemasaran dalam menentukan strategi promosi dan distribusi produk secara simultan. Artinya proses branding merupakan hasil kerjasama yang kompak antara semua bagian terkait, misalnya dalam industri telekomunikasi ini antara team marketing dengan dealer management atau dengan department support.
Dalam prakteknya kampanye branding yang terjadi di Indonesia terjadi dengan begitu frontalnya dan menghabiskan dana dan upaya-upaya extra. Setidaknya ada dua sektor yang menjadi lahan basah dalam persaingan branding di Indonesia ini yaitu industri rokok dan industri telekomunikasi. Dan ini juga terjadi di banyak negara lain seperti yang saya lihat langsung di Malaysia dan Thailand. Karena besarnya dana yang digelontorkan perusahaan-perusahaan itu maka tak jarang perusahaan membutuhkan capital expenditure yang menempati porsi yang sangat besar dalam anggaran belanja perusahaan, meskipun besarnya biaya untuk mempertahankan brand tersebut tidak dapat diukur manfaatnya secara langsung pada masa biaya itu dikeluarkan, manfaatnya bisa dirasakan tahun depan atau beberapa tahun yang akan datang.
Bila kita amati fenomena branding pada industri telekomunikasi sekarang ini kita pun bahkan menggelengkan kepala sendiri. Cara-cara beriklan baik di media cetak dan elektronik maupun di lokasi umum bahkan sudah tidak mengedepankan etika bisnis yang sehat lagi hanya demi mengejar tambahan net add dan revenue. Beberapa operator lupa bahwa selain brand yang melekat dari produk yang ditawarkan mereka ada satu lagi brand yang juga melekat erat dengan perusahaan yaitu brand image perusahaan. Alhasil yang terjadi adalah image perusahaan di mata masyarakat turun drastis karena produk atau layanan yang ditawarkannya ternyata mengecewakan pelanggan.
Praktek nyata dapat kita lihat ditingkat operasional, rekan-rekan sales dan pemasar atau bagian brand harus kerja ekstra hanya untuk mempertahankan spanduk/layar toko/umbul-umbul atau media promosi lainnya tetap terpasang ditempatnya keesokan harinya. Kenyataan di lapangan membuktikan bahwa persaingan yang terjadi sudah seperti hukum rimba – siapa yang kuat dia yang menang, hari ini dipasang, belum tentu besok masih ada, atau bahkan sejam kemudianpun belum tentu ada, karena pesaing sudah mengendusnya secara diam-diam. Itulah makanya brand management tidak bisa berjalan dengan baik tanpa strategi yang tepat seperti yang dikatakan  Keller KL (2003) dalam bukunya Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity.
Beberapa operator bahkan sudah mengalihkan arena branding mereka tidak sekedar di outlet atau jalan lintas lagi, tetapi juga merambah pada tempat umum, tempat hiburan bahkan tempat privat seperti sekolah dan rumah ibadah. Area yang masih sangat eksotis untuk digarap sebenarnya masih banyak, contohnya yaitu komunitas pelanggan, seperti fans club, komunitas hobbi, olah raga, arisan, dll. Hal yang sederhana namun sangat mempesona sebenarnya juga dapat kita lakukan seperti kekaguman saya pada tulisan raksasa Telkomsel yang ada di Batam, namun kali ini kita bisa membuatnya di Puncak – Bogor, Bukit Tinggi, Manado, atau Berastagi – Medan.

Riset Brand Management
Publikasi Equity Research Danareksa yang dirilis pada bulan Januari 2008 mengatakan bahwa Perusahaan sektor telekomunikasi di Indonesia telah memasuki era baru persaingan iklan dan promosi, setiap operator mengklaim dirinya memiliki tariff paling murah. Dibalik kampanye merek yang menggeliat itu ternyata aspek keuanganlah yang sangat terpengaruh olehnya. Hal yang paling berpengaruh adalah pendapatan, struktur tariff yang baru dan besarnya biaya iklan dan promosi atas tariff tersebut adalah cara operator untuk menarik pelanggan baru dan juga pada saat yang bersamaan mempertahankan pelanggan existing. Menurut Danareksa market leader seperti Telkomsel lah yang diuntungkan karena kualitas dan coverage-nya telah unggul terlebih dahulu.
Beberapa lembaga riset secara continue juga melakukan suvey top brand, indikator penilaiannya bisanya menggunakan alat ukur luas pengenalan masyarakat terhadap brand tersebut (mind share & market share) dan loyalitas pelangan untuk tetap menggunakan brand tersebut (commitment share). Hasil survey ini bagi sebagian kalangan dianggap sebagai alat ukur yang tepat untuk menentukan positioning suatu produk di pasaran. Dan bersyukur Telkomsel meraih predikat Outstanding Achievement sebagai merek terbaik pada ajang penghargaan bergengsi Top Brand Award 2008, Predikat tersebut diperoleh berkat keberhasilannya mempertahankan simPATI dan kartu Halo sebagai kartu pilihan utama selama sembilan tahun berturut-turut, dari tahun 2000 sampai 2008.
Beberapa survey top brand yang dirilis lembaga lainnya terkadang juga membingungkan, karena pemenangnya justru brand milik competitor yang lain. Terkadang pula kita meragukan kualitas survey-surveyan itu karena kemungkinan terselip kepentingan para pemilik brand tersebut. Namun meskipun begitu cara-cara survey seperti itu bagi sebagian besar kalangan masih dianggap cara yang paling tepat mengukur ketenaran suatu produk di mata masyarakat.
Beberapa hasil riset tersebut dan kenyataan di lapangan merupakan wujud kerja keras management bersama seluruh karyawan. Kedepan tantangan akan semakin besar, cobaan akan semakin banyak menerpa, bisnis telekomunikasi maupun bisnis dalam sector apapaun akan beranjak pada fase persaingan yang lebih sengit lagi. Tugas para pemasar harus siap siaga dan terus mempertahankan agar warnanya tetap berkibar dan berjaya.




Merek
Sebuah kumpulan persepsi dalam benak konsumen. Sebuah merek berfungsi untuk membedakan produk atau jasa yang bersaing, menyoroti apa yang unik tentang masing-masing. Baik fisik dan emosional pemicu yang membuat hubungan antara konsumen dan produk / jasa.

Merek Atribut
Asosiasi fungsional atau emosional yang ditugaskan untuk merek dengan pelanggan dan prospek. Atribut merek dapat berupa negatif atau positif dan dapat memiliki berbagai tingkat relevansi dan penting bagi segmen pelanggan yang berbeda.

Merek Audit
Pemeriksaan komprehensif dan sistematis dari semua perilaku merek dan jaminan (baik tangible maupun intangible) yang berhubungan dengan merek.

Kesadaran Merek
Proporsi target pelanggan yang mengingat merek. Kesadaran merek adalah ukuran umum dari efektivitas komunikasi pemasaran. Kesadaran tanpa bantuan spontan, kesadaran dibantu atau diminta adalah ketika nama diakui antara lain yang tercantum atau diidentifikasi.

Merek Laba
Keuntungan yang dapat dikaitkan semata-mata untuk merek. Sebuah formula yang menjadi metode akuntansi standar untuk memanfaatkan goodwill pada neraca.
             
Brand Equity
Ekuitas merek adalah jumlah dari semua hati dan pikiran setiap orang yang datang ke dalam kontak dengan organisasi Anda. Nilai, baik berwujud dan tidak berwujud, bahwa merek menambah suatu produk atau jasa.

Merek Essence
Karakteristik inti yang mendefinisikan merek.

Merek Ekspansi
Pemaparan merek untuk target pasar yang lebih luas pelanggan, pasar geografis, atau saluran distribusi.

Merek Ekstensi
Penerapan merek luar jangkauan awal produk, atau di luar kategori. Hal ini menjadi mungkin ketika citra merek dan atribut telah memberikan kontribusi terhadap persepsi dengan konsumen pengguna / mana merek dan bukan produk adalah pendorong keputusan.

Merek Pengalaman
Pengalaman dijaminkan. Pengalaman pelanggan harus sejalan dekat dengan janji merek.

Brand Identity
The ekspresi lahiriah dari merek. Satu set unik dari asosiasi bahwa strategi merek bercita-cita untuk menciptakan atau mempertahankan. Asosiasi ini mewakili apa merek harus berdiri untuk dan menyiratkan janji potensi pelanggan. Penting untuk dicatat bahwa identitas merek mengacu pada tujuan strategis untuk merek, sedangkan citra merek adalah apa yang saat ini berada di benak konsumen.

Merek Gambar
Satu set unik dari asosiasi dalam benak target pelanggan yang mewakili apa yang merek saat ini berdiri untuk dan menyiratkan janji kepada pelanggan saat ini. (Perhatikan bahwa citra merek adalah apa yang saat ini sedang dalam benak konsumen, sedangkan identitas merek aspirasi).

Loyalitas merek
Kekuatan preferensi untuk merek dibandingkan dengan pilihan yang tersedia serupa. Hal ini sering diukur dalam hal perilaku ulangi pembelian atau sensitivitas harga.

Merek Manajemen
Proses pengelolaan merek organisasi dalam rangka meningkatkan jangka panjang ekuitas merek. Juga Champions Merek atau kelompok yang bertanggung jawab untuk merancang identitas merek, menyelaraskan mereka untuk efektivitas maksimum, memastikan bahwa mereka tidak terganggu oleh tindakan taktis dan merancang sesuai off-merek rencana pemulihan.

Merek Misi
Sebuah tujuan aspirasi untuk merek untuk eksis.

Kepribadian Merek
Citra merek atau identitas dinyatakan dalam karakteristik manusia. Membedakan dan dapat diidentifikasi karakteristik yang menawarkan konsisten, pesan abadi dan dapat diprediksi dan persepsi. Apa yang orang mengasosiasikan merek dengan.

Posisi merek
The "" pasar ruang "" merek dianggap untuk menempati, bagian dari identitas merek yang secara aktif dikomunikasikan dengan cara yang bermakna membedakannya dari kompetisi. Bagaimana merek terlihat di pasar.

Merek Positioning Pernyataan
Sebuah pernyataan yang menggambarkan "" Tempat "" bahwa merek harus menempati di benak target pelanggan. Bagaimana merek terlihat di pasar. Fokus pada apa yang unik untuk merek.

Merek Janji
Pengalaman pelanggan yang unik dijaminkan. Idealnya janji akan dinyatakan dalam Tagline tersebut.

Merek Relevansi
Penyelarasan merek - atributnya, identitas dan kepribadian dengan kebutuhan primer / keinginan target audiens

Merek Tagline
Sebuah fase mudah dikenali dan mengesankan yang sering menyertai nama merek. Terbaik jika dapat berhubungan janji merek. Bantuan untuk mengingat dan penguatan. Nike: "" Just do it ""

Strategi Merek
Gambaran besar'''' rencana dan taktik digunakan oleh pemilik organisasi / merek untuk menciptakan ekuitas merek.

Merek Nilai
Bagaimana visi dan janji-janji yang disampaikan kepada konsumen. Jumlah kecil perilaku deskriptif bahwa merek adalah contoh. Ini adalah untuk mewakili perusahaan, merek dan karyawan. Contoh termasuk gairah, cipta, rasa hormat, kejujuran, kerjasama, dll

Trik akrab dengan Boss

Mengembangkan hubungan baik dengan manajer Anda mungkin langkah yang paling penting yang dapat Anda buat pada pekerjaan Anda. Pada tingkat yang paling dasar, bos Anda adalah kunci untuk promosi berikutnya atau meningkatkan. Manajer yang baik akan membantu Anda unggul pada pekerjaan, dan membuka jalan untuk langkah karir berikutnya; bos yang buruk dapat menyebabkan Anda 9-ke-5 untuk merasa seperti (atau benar-benar menjadi) 9-ke-9 - pengeringan Anda motivasi, merusak emosional Anda kesejahteraan dan mentorpedo kinerja Anda.Caranya dengan bos yang buruk adalah untuk belajar bagaimana mengelola atas, merebut kembali kendali karir Anda dengan menciptakan iklim kerja yang lebih positif. "Kuncinya adalah untuk memahami motivasi di balik perilaku bos Anda -. Baik, buruk atau acuh tak acuh Setelah Anda memahami itu, Anda akan memiliki petunjuk tentang bagaimana berurusan dengan dia.

Berikut adalah lima dari jenis bos yang paling umum Anda akan menemukan - dan beberapa trik untuk mengelola mereka.

Cerdik
Ravi Kathuria, presiden perusahaan konsultan Cohegic Corp Houston, mengatakan bahwa ia pernah bekerja untuk karakter cerdik yang tidak pernah melakukan keinginannya jelas. "Dia akan mengatakan bahwa dia suka menjaga hal-hal ambigu untuk tim manajemennya," kata Kathuria. "Keyakinannya itu, cara itu, mereka akan mengembangkan solusi yang lebih baik." Dalam kehidupan nyata, bagaimanapun, strategi itu gagal: "Ini menciptakan kebingungan dalam jajaran manajemen tim-Nya tidak pernah tahu di mana mereka berdiri dengan dia.."
Untuk fokus pemimpin bertingkah, Anda akan perlu untuk pin dia turun dan mendapatkan rincian. "Jika ia berkata," Aku hanya ingin kita untuk menjadi sukses, 'bertanya,' Apa yang akan sukses terlihat seperti? '"Menunjukkan Scott. Mintalah untuk sebagai spesifik sebanyak mungkin: berapa banyak unit yang anda akan perlu untuk menjual atau apa target keuntungan yang anda harus memukul, misalnya, atau jika tenggat waktu Anda bekerja pada akan memenuhi tujuan-Nya.
Jangan malu menyentuh basis awal dan sering. Jika bos Anda mengirim Anda dari pada sebuah ekspedisi memancing, setidaknya tahu apa yang Anda harus mengejar.

Micromanager
Hal ini dapat menyebalkan untuk memiliki seseorang mengawasi setiap gerakan Anda. Untuk kewarasan Anda sendiri, tidak pernah lupa apa yang memotivasi micromanagers: "Mereka khawatir tentang reputasi mereka sendiri dan benar-benar peduli tentang produk akhir.
Cara terbaik untuk mengelola micromanagers adalah keluar dari bawah mereka kadang-kadang: Arahkan jalan ke tim lintas fungsional, misalnya, sehingga Anda sedang berhadapan dengan pemimpin lainnya. Sejak itu tidak selalu mungkin, Scott juga menyarankan menawarkan keahlian Anda di wilayah di mana bos Anda adalah lemah, karena ia tidak akan merasa seperti ia tahu lebih dari yang Anda dan jika Anda beruntung, dia akan datang untuk melihat keahlian Anda sebagai manfaat kepadanya. "Sadarilah Anda tidak akan mendapatkan dia untuk berhenti menjadi seorang micromanager, tetapi cobalah untuk mengalihkan perhatiannya.
Masih mendapatkan perasaan ada mata pada Anda setiap saat? Tanyakan apakah dia bersedia untuk menyepakati spesifik check-in poin untuk suatu proyek tertentu ketika Anda akan berbicara tentang segala persoalan atau masalah. Hal ini seharusnya membuat dia merasa lebih aman bahwa tidak akan menyelinap melalui celah-celah - dan memungkinkan Anda untuk menyelinap keluar dari visa-seperti pegangan manajemennya.

Menggertak
Seorang bos intimidasi tidak akan mencuri makan siang, tetapi mungkin mencuri sisa-sisa kegembiraan Anda keluar dari pekerjaan Anda - yang, pada gilirannya, akan membuat sulit bagi Anda untuk melakukan cukup baik untuk mendapatkan tawaran yang lebih baik. Satu spesialis PR dari Salt Lake City - kami akan meneleponnya Gina - kata seorang mantan bos dibuat umpan balik pribadi.
"Dia memperlakukan semua orang di sekelilingnya seperti mereka bodoh atau tidak kompeten. Dia sangat negatif, memutar matanya dan mengatakan hal-hal seperti 'Oh Tuhan, apa ide yang membosankan,'" kenang Gina. "Orang akun asisten takut mati-nya, sering menghindari mengajukan pertanyaan karena dia hanya akan menghinanya. Ini dibuat untuk lingkungan kerja yang mengerikan."
Langkah pertama untuk mengalahkan penggertak adalah melakukan pekerjaan yang baik yang dapat Anda berdiri di belakang, dan kemudian berdiri di tanah Anda. "Bos bullying adalah sangat terfokus pada hasil dan ingin hal yang dilakukan sekarang," kata analis perilaku Gayle Abbott, CEO Mitra Alignment Strategis di Virginia, yang telah bekerja dengan perusahaan mulai dari firma hukum untuk Lockheed Martin. "Mengidentifikasi apa yang mereka inginkan, apa yang mereka nilai, dan mengambil tindakan [jenis] Orang-orang ini juga ingin Anda datang kepada mereka percaya diri dan memberitahu mereka kebenaran -. Bahkan jika mereka tidak menyukainya Jangan memberikan dibuat-. atas jawaban atau hampa. "
Salah satu cara untuk menangani mereka: Setiap kali Anda berada di titik balik, delegasi dengan memberikan mereka beberapa pilihan, kemudian membiarkan mereka membuat pilihan. "Ini bekerja karena pengganggu ingin membuat keputusan sendiri Mereka tidak mau didikte,." Kata Abbott.
Tentu saja, jika Anda sedang memukul pribadi, Anda selalu dapat bertanya apakah Anda telah melakukan sesuatu yang salah. Tingkat berkepala belum over-menekankan bos mungkin tidak menyadari bagaimana dia suara. Dan akhirnya, jika manajer Anda hanya tersentak dengan J modal, Anda mungkin perlu untuk memulai memoles resume Anda. Hidup ini terlalu singkat.

Narsisis
Dengan beberapa manajer, itu semua tentang aku, aku, aku. ".. Mereka mendesain proses sekitar mereka sendiri Mereka jaringan sendiri Mereka mengubah aturan karena mereka ingin," kata Gonzague Dufour, direktur perekrutan eksekutif dan pengembangan di Bacardi-Martini dan penulis "Mengelola Manager Anda: Bagaimana Mendapatkan Ahead dengan Setiap Jenis Boss. " Sementara bekerja untuk seorang narsisis dapat membuat frustrasi, mereka sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui dan harap, mengatakan Dufour: "Jika Anda cerdas, Anda sedang mempresentasikan segala sesuatu dari sudut pandangnya."
Katakan padanya bagaimana program software baru Anda akan menghemat waktunya; menunjukkan bagaimana keberhasilan Anda yang baru akan meningkatkan penjualan akhir tahun nya angka, atau hanya bertanya bagaimana Anda bisa membantunya melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Dan gunakan kesombongan bos Anda untuk keuntungan Anda: Jika Anda membuatnya terlihat baik, Anda akan lebih berharga baginya - dan dia akan lebih cenderung untuk membantu Anda melakukan.

BFF
Menjadi teman-teman dengan atasan Anda tidak selalu hal yang buruk: Manajer Anda lebih suka berada di sekitar Anda, semakin besar kemungkinan dia adalah untuk menjaga Anda pada timnya saat ia bergerak naik tangga perusahaan. Tapi berhati-hatilah ketika bicara kecil ramah berubah menjadi gosip pribadi. Sahabat baru Anda mungkin menggunakan Anda untuk memata-matai anggota lain dari staf - dan jika dia berbicara sampah tentang rekan Anda, Anda dapat bertaruh gaji Anda berikutnya ia juga menjelek-jelekkan Anda di belakang Anda.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui motivasi manajer Anda. "Beberapa orang hanya ingin disukai," kata Abbott. Tetapi jika Anda mencurigai mata-mata atau bahkan kembali-menusuk, berhati-hatilah.
"Jika Anda gosip, [manajer Anda] dapat menggunakan terhadap Anda, karena [ia] tidak akan mempercayai Anda," kata Abbott. Setiap kali pembicaraan berubah menjadi, katakanlah, siapa yang menggoda dengan magang atau mengalami masalah dengan anak-anak mereka, mengubah topik untuk sesuatu yang lebih jinak, seperti episode semalam dari "Mad Men," dan meninggalkan drama di layar.

HUKUM PIDANA

Hukum Pidana, sebagai salah satu bagian independen dari Hukum Publik merupakan salah satu instrumen hukum yang sangat urgen eksistensinya sejak zaman dahulu. Hukum ini ditilik sangat penting eksistensinya dalam menjamin keamanan masyarakat dari ancaman tindak pidana, menjaga stabilitas negara dan (bahkan) merupakan “lembaga moral” yang berperan merehabilitasi para pelaku pidana. Hukum ini terus berkembang sesuai dengan tuntutan tindak pidana yang ada di setiap masanya.

A. Definisi Hukum Pidana
Hukum Pidana sebagai Hukum yang mengatur perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Undang-Undang dan berakibat diterapkannya hukuman bagi siapa yang melakukannya dan memenuhi unsur-unsur perbuatan yang disebutkan dalam Undang-Undang Pidana. Seperti perbuatan yang dilarang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Undang-Undang Korupsi, Undang-Undang HAM dan lain sebagainya. Hukum pidana adalah hukum yang mengatur perbuatan-perbuatan apa yang dilarang dan memberikan hukuman bagi yang melanggarnya. Perbuatan yang dilarang dalam hukum pidana adalah:
• Pembunuhan
• Pencurian
• Penipuan
• Perampokan
• Penganiayaan
• Pemerkosaan
• Korupsi
Sementara Dr. Abdullah Mabruk an-Najar dalam diktat “Pengantar Ilmu Hukum”-nya mengetengahkan defenisi Hukum Pidana sebagai “Kumpulan kaidah-kaidah Hukum yang menentukan perbuatan-perbuatan pidana yang dilarang oleh Undang-Undang, hukuman-hukuman bagi yang melakukannya, prosedur yang harus dilalui oleh terdakwa dan pengadilannya, serta hukuman yang ditetapkan atas terdakwa.”
Hukum pidana adalah bagian daripada keseluruhan hukum yang berlaku di suatu Negara, yang mengadakan dasar-dasar dan aturan-aturan untuk :
• Menetukan perbuatan perbuatan mana yang tidak boleh dilakukan, yang dilarang, dengan disertai ancaman atau sanksi yang berupa pidana tertentu bagi siapa yang melanggar larangan tersebut.
• Menentukan kapan dan dalam hal hal apa kepada mereka yang telah melanggar larangan larangan itu dapat dikenakan atau dijatuhi pidana sebagaimana yang telah diancamkan.
• Menentukan dengan cara bagaimana pengenaan pidana itu dapat dilaksanakan apabila ada orang yang disangka telah melanggar larangan tersebut.
Menurut Sudarto, pengertian Pidana sendiri ialah nestapa yang diberikan oleh Negara kepada seseorang yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan Undang-undang (hukum pidana), sengaja agar dirasakan sebagai nestapa.


B. Tujuan Hukum Pidana
Secara konkrit tujuan hukum pidana itu ada dua, ialah :
• Untuk menakut-nakuti setiap orang jangan sampai melakukan perbuatan yang tidak baik.
• Untuk mendidik orang yang telah pernah melakukan perbuatan tidak baik menjadi baik dan dapat diterima kembali dalam kehidupan lingkunganya
Tujuan hukum pidana ini sebenarnya mengandung makna pencegahan terhadap gejala-gejala sosial yang kurang sehat di samping pengobatan bagi yang sudah terlanjur tidak berbuat baik. Jadi Hukum Pidana, ialah ketentuan-ketentuan yang mengatur dan membatasi tingkah laku manusia dalam meniadakan pelanggaran kepentingan umum. Tetapi kalau di dalam kehidupan ini masih ada manusia yang melakukan perbuatan tidak baik yang kadang-kadang merusak lingkungan hidup manusia lain, sebenarnya sebagai akibat dari moralitas individu itu. Dan untuk mengetahui sebab-sebab timbulnya suatu perbuatan yang tidak baik itu(sebagai pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan pidana), maka dipelajari oleh “kriminologi”.
Di dalam kriminologi itulah akan diteliti mengapa sampai seseorang melakukan suatu tindakan tertentu yang tidak sesuai dengan kebutuhan hidup sosial. Di samping itu juga ada ilmu lain yang membantu hukum pidana, yaitu ilmu Psikologi. Jadi, kriminologi sebagai salah satu ilmu yang membantu hukum pidana bertugas mempelajari sebab-sebab seseorang melakukan perbuatan pidana, apa motivasinya, bagaimana akibatnya dan tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meniadakan perbuatan itu.

C. Klasifikasi Hukum Pidana
Secara substansial atau Ius Poenalle ini merupakan hukum pidana
Dalam arti obyektif yaitu “sejumlah peraturan yang mengandung larangan-larangan atau keharusan-keharusan dimana terhadap pelanggarnya diancam dengan hukuman”. Hukum Pidana terbagi menjadi dua cabang utama, yaitu:
• Hukum Materil ialah cabang Hukum Pidana yang menentukan perbuatan-perbuatan kriminal yang dilarang oleh Undang-Undang, dan hukuman-hukuman yang ditetapkan bagi yang melakukannya. Cabang yang merupakan bagian dari Hukum Publik ini mepunyai keterkaitan dengan cabang Ilmu Hukum Pidana lainnya, seperti Hukum Acara Pidana, Ilmu Kriminologi dan lain sebagainya.
• Hukum Formil (Hukum Acara Pidana) Untuk tegaknya hukum materiil diperlukan hukum acara. Hukum acara merupakan ketentuan yang mengatur bagaimana cara agar hukum (materil) itu terwujud atau dapat diterapkan/dilaksanakan kepada subyek yang memenuhi perbuatannya. Tanpa hukum acara maka tidak ada manfaat hukum materiil. Untuk menegakkan ketentuan hukum pidana diperlukan hukum acara pidana, untuk hukum perdata maka ada hukum acara perdata. Hukum acara ini harus dikuasai para praktisi hukum, polisi, jaksa, pengacara, hakim.
Dr. Mansur Sa’id Isma’il dalam diktat “Hukum Acara Pidana”-nya memaparkan defenisi Hukum Acara Pidana sebagai ”kumpulan kaidah-kaidah yang mengatur dakwa pidana—mulai dari prosedur pelaksanaannya sejak waktu terjadinya pidana sampai penetapan hukum atasnya, hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang berkaitan dengan hukum yang tumbuh dari prosedur tersebut—baik yang berkaitan dengan dugaan pidana maupun dugaan perdata yang merupakan dakwa turunan dari dakwa pidana, dan juga pelaksanaan peradilannnya.”. Dari sini, jelas bahwa substansi Hukum Acara Pidana meliputi:
• Dakwa Pidana, sejak waktu terjadinya tindak pidana sampai berakhirnya hukum atasnya dengan beragam tingkatannya.
• Dakwa Perdata, yang sering terjadi akibat dari tindak pidana dan yang diangkat sebagai dakwa turunan dari dakwa pidana.
• Pelaksanaan Peradilan, yang meniscayakan campur-tangan pengadilan.
Dan atas dasar ini, Hukum Acara Pidana, sesuai dengan kepentingan-kepentingan yang merupakan tujuan pelaksanaannya, dikategorikan sebagai cabang dari Hukum Publik, karena sifat global sebagian besar dakwa pidana yang diaturnya dan karena terkait dengan kepentingan Negara dalam menjamin efisiensi Hukum Kriminal. Oleh sebab itu, Undang-Undang Hukum Acara ditujukan untuk permasalahan-permasalahan yang relatif rumit dan kompleks, karena harus menjamin keselarasan antara hak masyarakat dalam menghukum pelaku pidana, dan hak pelaku pidana tersebut atas jaminan kebebasannya dan nama baiknya, dan jika memungkinkan juga, berikut pembelaan atasnya. Untuk mewujudkan tujuan ini, para ahli telah bersepakat bahwa Hukum Acara Pidana harus benar-benar menjamin kedua belah pihak—pelaku pidana dan korban.
Hukum Pidana dalam arti Dalam arti Subyektif, yang disebut juga “Ius Puniendi”, yaitu “sejumlah peraturan yang mengatur hak negara untuk menghukum seseorang yang melakukan perbuatan yang dilarang”.

D. Ruang Lingkup Hukum Pidana
Hukum Pidana mempunyai ruang lingkup yaitu apa yang disebut dengan peristiwa pidana atau delik ataupun tindak pidana. Menurut Simons peristiwa pidana ialah perbuatan salah dan melawan hukum yang diancam pidana dan dilakukan seseorang yang mampu bertanggung jawab. Jadi unsur-unsur peristiwa pidana, yaitu:.
• Sikap tindak atau perikelakuan manusia
. Melanggar hukum, kecuali bila ada dasar pembenaran; Didasarkan pada kesalahan, kecuali bila ada dasar penghapusan kesalahan.
Sikap tindak yang dapat dihukum/dikenai sanksi adalah
- Perilaku manusia ; Bila seekor singa membunuh seorang anak maka singa tidak dapat dihukum
- Terjadi dalam suatu keadaan, dimana sikap tindak tersebut melanggar hukum,
misalnya anak yang bermain bola menyebabkan pecahnya kaca rumah orang.
- Pelaku harus mengetahui atau sepantasnya mengetahui tindakan tersebut merupakan pelanggaran hukum; Dengan pecahnya kaca jendela rumah orang tersebut tentu diketahui oleh yang melakukannya bahwa akan menimbulkan kerugian orang lain.
- Tidak ada penyimpangan kejiwaan yang mempengaruhi sikap tindak tersebut.Orang yang memecahkan kaca tersebut adalah orang yang sehat dan bukan orang yang cacat mental.
Dilihat dari perumusannya, maka peristiwa pidana/delik dapat dibedakan dalam :
• Delik formil, tekanan perumusan delik ini ialah sikap tindak atau perikelakuan yang dilarang tanpa merumuskan akibatnya.
• Delik materiil, tekanan perumusan delik ini adalah akibat dari suatu sikap tindak atau perikelakuan.
Misalnya pasal 359 KUHP :
Dalam Hukum Pidana ada suatu adagium yang berbunyi : “Nullum delictum nulla poena sine praevia lege poenali”, artinya tidak ada suatu perbuatan dapat dihukum tanpa ada peraturan yang mengatur perbuatan tersebut sebelumnya. Ketentuan inilah yang disebut sebagai asas legalitas .
Aturan hukum pidana berlaku bagi setiap orang yang melakukan tindak pidana sesuai asas ruang lingkup berlakunya kitab undang-undang hukum pidana. Asas ruang lingkup berlakunya aturan hukum pidana, ialah
1. Asas Teritorialitas (teritorialitets beginsel)
2. Asas nasionalitas aktif (actief nationaliteitsbeginsel)
3. Asas Nasionalitas Pasif (pasief nationaliteitsbeginsel)

E. Sistem Hukuman
Sistem hukuman yang dicantumkan dalam pasal 10 tentang pidana pokok dan tambahan, menyatakan bahwa hukuman yang dapat dikenakan kepada seseorang pelaku tindak pidana terdiri dari :
a. Hukuman Pokok (hoofd straffen ).
1. Hukuman mati
2. Hukuman penjara
3. Hukuman kurungan
4. Hukuman denda
b. Hukuman Tambahan (Bijkomende staffen)
1. Pencabutan beberapa hak tertentu
2. Perampasan barang-barang tertentu
3. Pengumuman putusan hakim.

sumber : http://suflasaint.blogspot.com/2010/04/pengertian-hukum-pidana.html