Kampanye politik adalah sebuah upaya yang terorganisir bertujuan untuk memengaruhi proses
pengambilan keputusan para pemilih dan kampanye politik selalu merujuk pada
kampanye pada pemilihan umum
Pesan kampanye
Pesan dari kampanye adalah penonjolan ide bahwa sang kandidat atau calon
ingin berbagi dengan pemilih. Pesan sering terdiri dari beberapa poin berbicara
tentang isu-isu kebijakan. Poin2 ini akan dirangkum dari ide utama dari
kampanye dan sering diulang untuk menciptakan kesan abadi kepada pemilih. Dalam
banyak pemilihan, para kandidat partai politik akan selalu mencoba untuk
membuat para kandidat atau calon lain menjadi "tanpa pesan" berkaitan
dengan kebijakannya atau berusaha untuk pengalihan pada pembicaraan yang tidak
berkaitan dengan poin kebijakan atau program. Sebagian besar strategis kampanye
menjatuhkan kandidat atau calon lain yang lebih memilih untuk menyimpan pesan
secara luas dalam rangka untuk menarik pemilih yang paling potensial. Sebuah
pesan yang terlalu sempit akan dapat mengasingkan para kandidat atau calon
dengan para pemilihnya atau dengan memperlambat dengan penjelasan rinci programnya.
Misalnya, dalam Pemilu 2008 dari pihak John McCain awalnya mempergunakan pesan
yang berfokus pada patriotisme dan pengalaman politik; pesan itu kemudian
ditangkap dan diubah menjadi perhatian beralih ke peran sebagai
"maverick" di dalam pendirian politiknya sedangkan Barack Obama tetap
pada konsistensi, pesan yang sederhana yang "mengubah" seluruh
kampanye itu.
Dalam tekhnik kampanye politik kemenangan kandidat atau calon yang
dilakukan di dalam jajak pendapatkan hanya dipergunakan sebagai agenda politik
di kantor staf pemenangan kandidat atau calon .
Kampanye hitam (Black campaign)
Penggunaan metode rayuan yang merusak, sindiran atau rumors yang tersebar
mengenai sasaran kepada para kandidat atau calon kepada masyarakat agar
menimbulkan presepsi yang dianggap tidak
etis terutama dalam hal kebijakan publik. komunikasi ini diusahakan agar
menimbulkan fenomena sikap resistensi dari para pemilih,
kampanye hitam umumnya dapat dilakukan oleh kandidat atau calon bahkan pihak
lain secara efisien karena kekurangan sumber daya yang kuat untuk menyerang
salah satu kandidat atau calon lain dengan bermain pada permainan emosi para
pemilih agar pada akhirnya dapat meninggalkan kandidat atau calon pilihannya.
Kampanye ilegal
Penggunaan peraga kampanye yang tidak sah atau bukan berasal dari kebijakan
atau termasuk dalam bagian material dari kampanye peserta pemilu yaitu pihak
para kandidat sebagai peserta pemilu maka dengan demikian kampanye yang ilegal
merupakan sebuah kampanye yang melanggar ketentuan hukum.
Organisasi
Dalam kampanye politik yang modern, organisasi kampanye (atau 'mesin') akan
memiliki struktur yang jelas personel dengan cara yang sama sebagai ukuran
bisnis serupa.
Manajer Kampanye
Berhasil sebuah kampanye biasanya memerlukan managerial kampanye yaitu
seorang Manager Kampanye untuk mengkoordinasi operasional kampanye. Selain dari
kandidat atau calon, mereka paling sering terlihat berkampanye, Manager
kampanye pada kandidat atau calon yang bersangkutan dapat melaksanakan dengan
strategi dan melakukan pengaturan , terutama jika para pembuat strategis
kampanye biasanya berada di kantor konsultan
politik seperti pollster dan media konsultan.
Konsultan Politik
Memberikan nasihat oleh Konsultan Kampanye Kolitik di hampir semua kegiatan
mereka, dari penelitian untuk bidang strategi. Konsultan melakukan penelitian
kandidat atau calon, pemilih penelitian, dan riset oposisi bagi klien mereka.
Aktivis
Aktivis adalah 'prajurit kaki' yang setia kepada ideologi bekerja dengan
membawa orang-orang yang akan memilih kandidat atau calon termasuk melakukan
kampanye 'door to door' mengambil bagian dalam kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan kampanye kandidat atau calon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar