Sabtu, 20 Oktober 2012

Bisnis Indomaret




INDOMARET   merupakan  jaringan  minimarket  yang  menyediakan  kebutuhan  pokok  dan kebutuhan  sehari-hari  dengan  luas  penjualan  kurang  dari  200  m2.  Dikelola  oleh  PT  Indomarco  Prismatama,  gerai  pertama  dibuka  pada  November  1988  di  Kalimantan.Tahun 1997, perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003, Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003” dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Kini Indomaret mencapai lebih dari 4000 gerai. Dari total itu 52% adalah milik sendiri dan sisanya milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Lampung, dan Medan. Di tahun mendatang akan dibuka cabang baru: Cirebon, Palembang, dan Ujungpandang. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza, dan Charmant.

ANALISA SITUASI
v  Analisa Pasar
Analisa pasar akhir 2006
Indomaret
1997  -2006
1857
Alfamart
1999-2006
1662
Yomart
2004-2006
110
Starmart
…… -2006
64

Dua Retail Indonesia menempati urutan omzet terbesar  se-Asia adalah minimarket, Bukan Supermarket dan Hipermarket yaitu Alfamart 2,8 Triliun di urutan ke 7 dan Indomaret 3 Triliun di urutan ke 6.

v  Market Segmen
Indomaret merupakan salah satu dari sekian banyaknya swalayan dan memiliki jaringan yang luas di mana Indomaret harus menerapkan segmentasi pasar yang tepat dan diharapkan dengan segmentasi pasar yang tepat akan meningkatkan volume penjualan dan tentunya meningkatkan laba bagi Indomaret. Dan masalah segmen riil yang belanja di indomaret dibatasi pada faktor sifat dan peringkat kepentingan mereka, kesadaran merk dan peringkat kepentingan merk, pola pemakaian produk, sikap terhadap golongan produk, geografi, demografi, psikografi, perilaku.
Yang menjadi segmentasi pasar pada Indomaret adalah: 
o   Konsumen yang datang ke Indomaret dalam kelompok pembeli karena berdasarkan sifat dan peringkat merek, geografis dan perilaku dalam kategori sangat rendah.
o   Sedangkan kelompok pembeli karena penggunaan produk, sikap terhadap kategori produk dan psikografi dalam kategori rendah.
o   Dan untuk kelompok pembeli karena kesadaran merk dan demografi dalam kategori sedang.

v  Analisa Kompetitor
sengitnya persaingan di bisnis ritel khususnya Indomaret sebagai market leader mini market. Dengan mengutip kalimat dalam artikel Sektor Ritel Makin Menggiurkan pada Swa Sembada No.01/XX/6-8 Januari 2005 bahwa”Yang mungkin sangat sengit persaingannya adalah dalam hal perebutan lokasi. Pastinya setiap pemain memperebutkan lokasi-lokasi yang dinilai strategis. Apalagi di bisnis ini lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Perebutan lokasi strategis ini, bisa juga berpengaruh terhadap harga property. Bisa saja harga ruko jadi naik karena tingginya demand terhadap mini market.”
Jadi betapa agresifnya indomaret dalam memperebutkan lokasi yang dinilai strategis. Bahkan hampir di setiap komplek perumahan/pemukiman pasti akan berdiri salah satu mini market waralaba tersebut dan atau keduanya. Sudah tidak mungkin pedagang eceran tradisional akan mampu mencari lokasi strategis lagi untuk saat ini dan di masa mendatang. Jika kita bandingkan dari modal saja, pedagang eceran sudah sulit bergerak.Selain itu supermarket, toserba, dan bahkan kini ada pasar raksasa bernama hypermarket bermunculan. Baik hypermarket lokal maupun hypermarket dari luar sana.

ANALISA SWOT
1.      Strengths ( kekuatan )
• Indomaret telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.
• Investasi franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif,bila dibandingkan dengan Alfamart. Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta.
• Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
• Tingkat upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan. Sehingga mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
• Pertumbuhan frainchise Indomaret yang terbukti tinggi di setiap tahunnya.
• Indomaret adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap go Internasional.
• Indomaret mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret mengambil pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk kebutuhan sehari-hari yaitu Indomarco.
• Indomaret merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan sejak tahun 1997.

2.      Weaknesses ( kelemahan )
• Franchise fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Indomaret yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun.
• Berbagai daerah kurang mengenal Indomaret,karena kurangmya promosi.
• Break Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun.

3.       Opportunities ( peluang )
• Masih terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum dimasuki oleh Indomaret. Dengan waralaba Indomaret dapat lebih mudah melakukan eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tresebut.
• Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan franchise akan semakin besar.
• Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret lebih dikenal dan laku di pasaran.
• Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tubuh subur 12,5 %.
• Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.

4.      Threats ( ancaman )
·         Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkah indomaret  dalam mencari frenchise, yaitu Alfamart.
·         Terdapat perusahaa frenchisee yang sejenis dengan harga jual franchise yang hamper sama. Seperti: investasi untuk Alfamart sebesar 300-400 juta. Investasi Indomaret sebesar 300-350 juta.
·         Adanya kemungkinan ada beberapa geral milik franchise yang dapat menurunkan reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar tertentu yang kemudian melakukan komplain.
·         Adanya tindakan peniruan terhaaadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchisor.
·         Adanya franchise asing yang memasuki pasar Indonesia, maka secara tidak langsung.

SEGMENTING, TARGETING and POSITIONING
1.      Segmenting
Segmentasi pasar yang di lakukan oleh perusahaan indomaret adalah menggunakan pendekatan psychographic (life style). “masyarakat cenderung memilih belanja di gerai modern berdasarkan kelengkapan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing, serta suasana yang nyaman.”
2.      Targeting
o   Target buka 4 ribu toko, omset capai Rp 8 T.
o   Pos Indonesia Mitra dengan Indomaret di Bisnis Ritel.
o   Indomaret  targetkan 1000 gerai baru.
2.      Positioning
Indomaret merupakan salah satu jaringan minimarket terkemuka di Indonesia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan hidup sehari-hari, untuk bergabung dan berkarir di Indomaret.Terdapat sembilan posisi  yaitu:
1.      PRAMUNIAGA (PRM)
2.      KASIR (KSR)
3.      MERCHANDISER (MD)
4.       HELPER (HLP)
5.       ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP)
6.      DEVELOPMENT (DVL)
7.      INVENTORY CONTROL (INV)
8.      SECURITY/SATPAM (SCR)
9.       DRIVER (DRV)

Marketing Mix ( Bauran Pemasaran )

1.      Product ( Produk ): segala sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk yang ditawarkan oleh Indomaret adalah berupa barang. Karena Indomaret salah satu waralaba yang bergerak dibidang memuaskan kebutuhan pokok pelanggan. Sepeti beras, gula, the, susu, dll.

2.      Price ( Harga ): unsur terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan unsure dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan. Dalam hal ini harga yang ditawarkan oleh Indomaret cukup dipertimbangkan oleh masyarakat. Di banding dengan minimarket lainnya, Indomaret termasuk minimarket yang menawarkan harga paling murah di bandingkan beberapa mini market lainnya sepeti alfa mart dan circle K. maka dari itu Indomaret cukup ramai di kunjungi oleh pelanggan.

3.       Place ( Tempat atau Distribusi ): Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya.perantara ialah sngat penting karena dalam segala hal merekalah yang berhubungan langsung dengan pelanggan.
Dalam hal tempat Indomaret cukup strategis untuk lokasi yang gampang dicapai oleh masyarakat, seperti letaknya di dekat perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum lainnya. Untuk system distribusinya Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten, menjadikan Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Saat ini Indomaret memiliki 13 pusat distribusi,  dengan menjalin lebih dari 500 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang akan dijualnya.

4.       Promotion ( Promosi ): bentuk komunikasi pemasaran.  promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran.
Strategi promosi yang dilakukan oleh Indomaret untuk menarik pelanggannya ialah :
•Publisitas.
•Periklanan.
-Seperti menyebarkan brosur kepada para pelanggan.
-Menyajikan promosi harganya melalui media elektronik sepeti Televisi dan Radio.
-Menyajikan promosi harganya melalui media non elektronik seperti Koran.
• Promosi/Penjualan dengan memberikan potongan penjualan.

 

REKOMENDASI YANG MENGKALABORASIKAN BERBAGAI KONSEP MARKETING
            Dengan sistim teknologi mutakhir, Indomaret terus berupaya menyediakan beragam produk dan jasa inovatif  sesuai perkembangan gaya hidup untuk memastikan kemudahan, kenyamanan dan kepraktisan konsumen dalam belanja.
·         Indomaret Card
            Bukan sekedar kartu anggota, Indomaret Card merupakan kartu multifungsi dengan teknologi contactless smart card hasil kerja sama dengan Bank Mandiri dan kartu multifungsi pertama yang diterapkan minimarket di Indonesia.
·         ATM Indomaret
Untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, Indomaret berkerjasama dengan PT.Rintis Sejahtera (dalam jaringan prima) mengembangkanATM Indomaret. Fasilitasnya antara lain: tunai, cek saldo, transfer antar rekening dan transfer antar bank.
·         Jak Card
            Kartu prabayar yang di terbitkan Bank DKI dengan teknologi contactless smard card, dapat digunakan untuk berbelanjadi gerai Indomaret dan membayar busway.
·         T Cash
            Memamfaatkan teknologi pembelian/pembayaran digital menggunakan ponsel secara Tap N Go, fasilitas ini dapat dinikmati konsumen di seluruh gerai Indomaret.
·         Wester Union
            Layanan jasa pengirimandan penerimaan uang dari/ke dalam dan luar negeri, tanpa perlu memilikirekening di bank. Diperkuat kecepatan pemprosesan yang memungkikan uang sampai dalam hitungan detik, fasilitas ini dapat dinikmati konsumen di seluruh geral milik Indomaret.
·         Pesan Antar Ambil Indomaret (PAAI)
Sejalan dengan perkembangan dunia ritel dan kebutuhan pelanggan,Indomaret terus melakukan inovasi baru dalam pengembangan produk dan jasa.

e-je.blogspot.com/2009/03/marketing
www.indomaret.co.id
buku dasar pemasaran, karangan Teguh budiarto

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar