RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2x45’
Standar
Kompetensi : MEMAHAMI KONSEP
KESETIMBANGAN REAKSI
Kompetensi
Dasar : Menguasai reaksi ketimbangan
Indikator : Pengelompokan reaksi
kimia menjadi reaksi kesudahan dan reaksi kesetimbangan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menguasai reaksi
kesetimbangan irrevesibel dan reversibel
II. MATERI PEMBELAJARAN
Kesetimbangan
III.
METODE PEMBELAJARAN
Ø
Tanya jawab
Ø
Ceramah
Ø
Latihan
IV.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a. Kegiatan
awal (10 menit)
Ø
Apersepsi
: orang menimbang barang dengan menggunakan timbangan atau neraca
Ø
Motivasi
: Pernahkah kamu melihat timbangan
b. Kegiatan
Akhir (10 menit)
Menyimpulkan, mengerjakan tugas.
V.
ALAT
DAN BAHAN SUMBER BELAJAR
Alat:
Ø
Seperangkat
alat praktikum
Sumber belajar :
Ø
Buku
kimia smk teknologi
Ø
Buku
kimia terpadu
VI.
PENILAIAN
(soal-soal atau instrument)
1.
Tulislah
masing –masing satu reaksi iripersibel dan persibel
2.
Jelaskan
pengertian reaksi iripersibel dan pripersibel
Mengetahui Banda
Aceh, 09 Juli 2012
Kepala
SMKN 2 Banda Aceh Guru
Mata Pelajaran,
Sofyan
Muhammad Isa, S. Pd
Ellifiati, S. Pd
Nip.19600102
198403 1 005 NIP : 19631224 200604 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar